Senin, 23 Juli 2012

RIM Terapkan Teknologi ala Siri di BlackBerry 10


KOMPAS.COM/ ANTONIUS TJATUR WIHARYOBlackBerry 10 Dev Alpha.

KOMPAS.com — Hari Kamis (19/7/2012), Research in Motion merilis update OS terbaru untuk perangkat BlackBerry 10 Dev Alpha yang ditujukan bagi para developer aplikasi.

Selain menambah sejumlah fitur baru, seperti akses API dan fungsionalitas BlackBerry App World yang baru, lewat update terbaru ini Research in Motion (RIM) diam-diam juga menerapkan teknologi pengenalan suara mirip program Siri di iPhone.

Fungsi voice command tersebut memungkinkan pengguna melakukan hal-hal seperti mencari sesuatu lewat unified search dan meminta petunjuk jalan ke suatu lokasi lewat aplikasi peta.

Perangkat BlackBerry 10 Dev Alpha sendiri sebelumnya telah disebarkan kepada para developer dalam gelaran BlackBerry World di Orlando, Florida, awal Mei 2012.

Selama ini smartphone BlackBerry sebenarnya sudah memiliki fitur voice control, tetapi dengan fungsi sangat terbatas, terutama jika dibandingkan dengan Siri.

Fitur pengenalan suara pada BlackBerry 10 Dev Alpha memang belum final, tetapi sejumlah perintah sudah bisa dijalankan, seperti dalam contoh video di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar