Jumat, 22 Juni 2012

Casillas: Sundulan Rakitic? Itu Bukan Penyelamatan Sulit


AFPKiper Spanyol, Iker Casillas, mengantisipasi tembakan gelandang Kroasia, Ivan Rakitic, pada pertandingan Grup C, di Gdansk Arena, 18 Juni silam.

GDANSK, KOMPAS.com - Kiper Spanyol Iker Casillas mengantisipasi bola sundulan gelandang Kroasia, Ivan Rakitic, pada menit ke-59 laga terakhir Grup C, di Arena Gdansk, Senin (18/6/2012).

Penyelamatan itu membuat gol gelandang Jesus Navas membuahkan kemenangan 1-0 untuk Spanyol, sehingga "La Roja" masuk perempat final sebagai juara grup. Spanyol akan berebut tiket semifinal dengan Perancis, Sabtu (23/6/2012).

Bagaimana pendapat Casillas soal penyelamatan itu? Jawabannya ada dalam kutipan wawancara Casillas dengan UEFA, berikut ini.

UEFA: Fakta bahwa Spanyol tak pernah mengalahkan Perancis dalam laga kompetitif tak berarti apa-apa. Bagaimana menurut Anda?

Casillas: Tak perlu melihat statistik atau hasil pertandingan masa lalu. Itu semua bisa berubah dalam satu momen. Betul bahwa Spanyol tak pernah mengalahkan Perancis dalam pertandingan kompetitif dan kami akan berusaha mengalahkan mereka. Namun, kami tak memikirkan itu (mengakhiri rekor). Kami akan berpikir bahwa kami mendapatkan gol, yang membawa kami masuk semifinal.

UEFA: Penyelamatan Anda terhadap tembakan Ivan Rakitic ikut menentukan perjalanan Spanyol ke perempat final. Apakah itu penyelamatan yang sulit?

Casillas: Itu bukan penyelamatan yang sulit. Mungkin, itu penyelamatan yang agak spektakuler, tetapi aku berada di jalur bola, tepat di tengah gawang dan aku  bergerak secara naluriah dan dengan gerakan seperti itu, Anda berharap bisa menjangkau bola. Jika Rakitic menyundul ke sisi kanan atau kiriku, aku mungkin tak punya peluang menggagalkannya.

UEFA: Pertandingan melawan Kroasia adalah salah satu laga sulit. Apakah itu momen kebangkitan Spanyol?

Casillas: Masuk perempat final seperti kembali menemukan diri kami sendiri. Tak seorang pun akan mengingat apa yang telah kami lakukan, apakah kami bermain bagus saat melawan Italia atau bermain jelek ketika melawan Kroasia. Orang akan mengingat bahwa kami telah melewati babak demi babak. Target kami sekarang tentu adalah mengalahkan Perancis dan kemudian melihat apa yang terjadi kemudian.

UEFA: Apakah Anda merasa Anda sepenuhnya dihargai oleh media negeri Anda?

Casillas: Yang sebenarnya adalah kami telah mengalami kemajuan besar. Dalam beberapa tahun terakhir, kami menjadi juara Eropa dan dunia. Sekarang orang menuntut itu lagi dari kami. Namun, orang tak boleh lupa bahwa itu bukan hal mudah. Ada tim nasional lain yang berubah dan membangun kembali skuad mereka, yang akan (memengaruhi pencapaian Spanyol). Namun, menurutku, kami punya kualitas yang dibutuhkan mempertahankan level permainan untuk jangka panjang.

UEFA: Dapatkan Anda menggambarkan bagaimana rasanya memakai kostum Spanyol?

Casillas: Tanggung jawab. Kebanggan. Kepuasan. Kegembiraan. Komitmen. Rasa hormat kepada generasi sebelum aku, dan melakukan segalanya untuk pendukung Spanyol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar