Sabtu, 09 Juni 2012

Dzagoev, Bintang dari Jalanan


AFP/DANIEL MIHAILESCUGelandang serang Rusia, Alan Dzagoev.

DIGADANG bakal bersinar di Piala Eropa 2012, Alan Yelizbarovich Dzagoev tak mengecewakan. Bahkan, pada pertandingan pertama Grup A, Jumat atau Sabtu (9/6/2012) dini hari WIB, ia tampil cemerlang dan membawa Rusia menang 4-1.

Kebintangannya yang tadinya berbinar-binar, kini semakin cemerlang. Bahkan, gelandang serang Rusia ini menjadi pahlawan baru sepak bola Rusia dan diharapkan mampu membawa Rusia berprestasi tinggi. Sebab itu, Pelatih Dick Advocaat langsung menggantinya jelang pertandingan usai, takut jika dia cedera dan tak bisa bermain di pertandingan berikutnya.

Dzagoev memang sudah cukup lama menjadi bahan pembicaraan publik bola, terutama ketika dia menjadi pemain Muda Terbaik Rusia pada 2008. Impian yang diretas sejak kecil itu, seolah semakin nyata dan nyata.

Dzagoev memang penggemar sepak bola sejak kecil. Apalagi ibunya, Lyana, juga tergolong gila bola.

Meski begitu, Dzagoev harus mengawali latihan sepak bola di jalanan. Dia kerap bermain dengan kakaknya, Gela, ketika ia masih duduk di bangk sekolah dasar.

Seperti tak kenal lelah, begitu ada waktu luang Dzagoev mengajak kakaknya bermain bola di jalanan. Permainan di jalanan itu pula yang justru menempa fisik dan keterampilannya di awal menggapai mimpi.

Melihat bakat anaknya, sang ibu membawa Dzagoev dan kakaknya masuk ke tim yunior Terek Beslan. Tahun 2000, ketika baru berumur 10 tahun, Dzagoev pindah ke Vladikavkaz dan bermain di kompetisi yunior lokal, Yunost.

Permainannya semakin berkembang dan dia akhirnya direkrut Krylia Sovetov-SOK pada 2006. Di sini, Dzagoev terus menyita perhatian. Bermain di Divisi II, Dzagoev mencetak 6 gol dari 37 penampilannya. Namun, secara keseluruhan dia bermain bagus, hingga klub besar CSKA Moskva membelinya pada 2008.

Baru setahun tampil di Divisi Utama Rusia bersama CSKA, dia langsung menggebrak. Dia tak hanya rajin mencetak gol, tapi juga assist. Sehingga, ia pun terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Rusia.

Pilihan yang tepat, karena dia memang hebat dan terus berkembang. Pada 11 Oktober 2008, dia bahkan mulai dipanggil timnas Rusia melawan Jerman. Dalam debutnya itu, ia baru berumur 18 tahun dan 116 hari.

"Dia menyatu ke dalam tim dengan baik. Alan pemain cerdas yang punya kemampuan membuat umpan mematikan," puji Pelatih Rusia saat itu, Guus Hiddink.

Sejak itu, dia rajin membela timnas Rusia. Bahkan, di Piala Eropa 2012, dia menjadi andalan dan dia membuktikan dengan dua gol. Tak menutup kemungkinan, dia akan terus memamerkan kehebatan dan mencuri momen untuk meraih kebesaran. Bocah yng dulu hanya bermain sepak bola di jalanan, kini semakin dekat menjadi bintang dunia.

Data Dzagoev
Nama lengkap:
Alan Yelizbarovich Dzagoev
Tempat Tanggal Lahir: Beslan (Rusia), 17 Juni 1990
Tinggi: 1,79 meter
Nomor: 10
Posisi: Gelandang serang
Klub: CSKA Moskva    

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar