Senin, 18 Juni 2012

Survei: Remaja Doyan Kirim Pesan "Nakal"

KOMPAS.com — Ponsel memang merupakan perangkat untuk berkomunikasi. Namun, sebagian remaja malah menggunakan perangkat ini untuk berkirim pesan nakal.

Lembaga riset TxtWatcher telah melakukan pengumpulan data dari ratusan ribu pesan per bulan di seluruh Amerika Serikat. Hasilnya, sekitar 4 persen dari remaja yang disurvei mengirim pesan berisi konten dewasa.

Selain itu, sekitar 2,35 persen dari seluruh pesan mengandung kata-kata narkoba dan 4 persen berisi konten vulgar.

Lembaga ini juga merilis rata-rata remaja mengirim 65 pesan setiap hari. Artinya, remaja akan mengirim sekitar 77 pesan "nakal" (konten dewasa) dan 39 pesan tentang narkoba setiap bulannya, serta lebih dari 1.800 pesan singkat yang tidak penting.

"Konten dewasa ini mengacu pada kata-kata seksual eksplisit atau frasa yang memiliki arti berkonotasi negatif," kata perwakilan TxtWatcher Dan Maier.

Pihak TxtWatcher memiliki kamus berisi kata dan frasa yang sering dipakai oleh remaja dalam mengirim pesan ke temannya.

Untuk bisa mengetahui kata-kata dalam pesan singkat yang dikirim para remaja ini, lembaga TxtWatcher memiliki software untuk ponsel Android yang dapat menganalisis pesan-pesan apa saja, atau kata-kata apa saja yang sering dipakai remaja untuk berkomunikasi.

Software ini langsung bisa diinstal di perangkat ponsel si anak. Dengan demikian, orang tua akan dapat mengawasi perangkat ponsel yang dipakai anaknya.

Layanan ini telah dipakai sejak tiga bulan lalu dan telah diinstal di ribuan ponsel remaja di Amerika Serikat.

Namun, TxtWatcher juga kesusahan dalam menganalisis pesan yang dikirim oleh remaja. Hal itu disebabkan para remaja ini lebih suka memakai bahasa slang untuk mengelabui orang tuanya.

Padahal, kata-kata slang tersebut bisa jadi adalah kata sandi untuk konten-konten dewasa. Salah satunya adalah kata slang angka 8. Jika diartikan dalam bahasa slang, angka 8 itu berarti oral seks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar