Senin, 14 Mei 2012

250 Pembalap Bakal Meriahkan Tour de Singkarak 2012

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar (kiri) bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno/A.Firdaus (Okezone)
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar (kiri) bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno/A.Firdaus (Okezone)

JAKARTA - Perlombaan balap sepeda bertaraf Internasional, Tour de Singkarak bakal kembali digelar pada 4-10 Juni mendatang. Kabarnya akan ada 250 pembalap yang bakal memeriahkan lomba yang telah memasuki tahun keempat ini.
 
Tour de Singkarak (TdS) 2012 merupakan lomba yang akan memakan sebanyak tujuh etape, di mana balapan ini bakal melewati 14 kota dan Kabupaten di Sumatera Barat.
 
Sementara itu 250 pembalap ini berasal dari 17 negara yang diantaranya, Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina. Kirgiztan, Rusia, Taipe, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Prancis, Vietnam, Malaysia, dan tentunya Indonesia. Sedangkan ada 18 tim mancanegara yang turut serta salah satunya Aisan Racing Team. Sementara dari 7 tim nasional yang ikut salah satunya Polygon Sweet Nice.
 
"Tour de Singkarak ini memang menjadi contoh oleh event balap sepeda lainnya di Indonesia. Belum lagi media Eropa Eurosports bahkan menyebut Tour de Singkarak dengan sebutan Swiss yang hijau," ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar saat launching TdS, Senin (14/5/2012).
 
Hebatnya lagi, Kemenparekraf tahun ini kembali mengundang Amaury Sport Organization (ASO), penyelenggara Tour de France, salah satu lomba balap sepeda internasional terbesar di dunia, untuk hadir dan memberikan masukan terhadap penyelenggaraan TDS 2012. “Pada tahap persiapan,  ASO bersama Kemenparekraf, PB ISSI, dan Pemprov/Pemkot/Pemkab Sumbar terlibat aktif dalam pembuatan rancangan rute etape TDS 2012,” kata Sapta. 
 
Sapta juga memprediksikan bahwa yang menjadi kandidat kuat dalam memperebutkan juara adalah tim-tim dari Iran, Jepang, Uzbekistan, hingga Amerika. Tapi dia berharap, para pembalap Indonesia, khususnya Sumatera Barat bisa berbicara banyak di Tour de Singkarak ini.
 
Berikut 18 tim mancanegara yang ikut TdS 2012:
1. Aisan Racing Team
2. Azad University Cross Team
3. OCBC Singapore Continental Cycling Team 4. Genesis Wealth Advisers Pro Cycling Team 5. Uzbekistan Suren Team 6. Eddy Hollands Bicycle Services 7. Tabriz Petrochemical Team 8. Action Cycling Team 9. Plan B Racing Team 10. CCN Cycling Team (ACT) 11. Colossi Miche Team 12. Australian National Team 13. Trengganu Pro 14. Japan Cycling Federation 15. Pre Black Racing Team 16. Budget Forklifts, serta 2 tim lain yang masih dalam konfirmasi.
 
Sementara itu tim nasional yang turut serta dalam lomba adalah:
1. Polygon Sweet Nice
2. Araya
3. Putra Perjuangan
4. Warung Sego Penyetan
5. Custom Cycling Club
6. Binong Baru Club Pessel
7. Sumatera Barat
(auz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar