Rabu, 30 Mei 2012

Dua Stadion Alternatif untuk Kualifikasi Piala Asia


AFCPiala Asia AFC U-22 2013

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyiapkan dua stadion alternatif untuk tempat penyelenggaraan babak kualifikasi Piala Asia U-22 yang akan diselenggarakan di Indonesia, 3-13 Juli mendatang. Alternatif stadion itu disediakan oleh PSSI untuk mengantisipasi jika persiapan dua stadion utama di Pekanbaru belum juga rampung.

PSSI sebelumnya merencanakan akan memakai dua stadion di Pekan Baru, yakni Stadion Utama Riau dan Stadion Kaharudin Nasution untuk menggelar turnamen tersebut. Akan tetapi, hingga saat ini beberapa infrastruktur luar kedua stadion itu masih belum juga rampung, meski waktu dilaksanakannya kualifikasi tersebut sudah semakin dekat, yakni pada awal Juli mendatang.

"Kemarin sudah datang kontraktornya. Memang semua ini perlu dibicarakan lagi. Nah, alternatifnya kita harus cari, andaikata Stadion utama (Pekanbaru) itu masih sulit dilakukan, jadi harus ada alternatif. Oleh karenanya, kesepakatan kita alternatif itu di Surabaya," ujar Sekjen PSSI Tri Goestoro di Jakarta, Rabu (31/5/2011).

Tri mengungkapkan, beberapa stadion alternatif tersebut adalah Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Tambaksari, dan Stadion milik Deltras Sidoarjo, Delta Sidoarjo. Dia sendiri mengaku sudah memantau kondisi beberapa stadion alternatif tersebut beberapa waktu lalu.

"Lapangannya oke, sudah kita pantau kemarin. Tetapi, memang harus ada penyempurnaan lagi di beberapa bagian agar bisa menjadi tempat penyelenggaraan," kata Tri.

Meski demikian, Tri menegaskan, dengan adanya stadion alternatif tersebut, bukan berarti PSSI nantinya pasti akan memindah tempat penyelenggaraan dari Pekanbaru ke Surabaya. Beberapa stadion di Surabaya itu, kata dia, hanya dijadikan cadangan saja.

"Karena kalau harus pindah ke sanakan, harus ada proses klarifikasi lagi dari AFC. Rumit memang, karena mereka (AFC) kan sudah meninjau di Pekanbaru. Saya hari ini dan besok akan ada di Pekanbaru untuk menuntaskan masalah ini semua," tegasnya.

Dalam babak kualifikasi Piala Asia U-22, Indonesia yang menjadi tuan rumah grup E, berada bersama sejumlah tim kuat Asia, diantaranya, Australia, Singapura, Timor Leste, Makau dan Jepang. Hanya juara grup dan runner up masing-masing grup, satu peringkat tiga terbaik, plus tuan rumah yang lolos ke putaran final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar