Kamis, 17 Mei 2012

Bonus Bagi Atlet Tator Peraih Medali Emas

MAKALE – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tana Toraja mulai mewacanakan bonus untuk para atlet yang berprestasi diajang pekan olahraga daerah (Porda) Sulawesi Selatan ke XV di Bantaeng 2014.
 
Ketua umum Koni Tator, Yohanis Amping Situru menyatakan pada ajang Porda XIV di Pangkep lalu, para atlet peraih medali emas diberikan bonus dan uang pembinaan. Besarnya uang pembinaan dan bonus yang diberikan kepada para atlet Rp10 juta per medali emas. Bonus dan uang pembinaan bagi atlet berprestasi itu diklaim paling besar dibanding beberapa kabupaten/kota lainnya.
 
Menurutnya, saat ini, KONI Tator kembali memikirkan pemberian bonus dan uang pembinaan kepada para atlet Tator yang akan meraih medali emas di ajang Porda XV di Bantaeng. KONI Tator akan menjalin komunikasi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) dan DPRD Tator untuk memberikan bonus dan uang pembinaan bagi para atlet yang berlaga di Porda XV mendatang.
 
“Tidak menutup kemungkinan besarnya bonus dan uang pembinaan kepada atlet yang berpretstasi di ajang Porda XV di Bantaeng lebih besar lagi,” ujar Amping Situru.
 
Amping Situru mengatakan, seluruh cabang olahraga (cabor) dibawah naungan KONI Tator saat ini tengah mempersiapkan diri menghadapi pra porda sebagai ajang seleksi menuju Porda.
 
Cabor juga sedang menginventarisasi atlet-atlet-atlet yang yang punya potensi untuk mewakili Tator di ajang pra porda. Termasuk atlet Tator yang pernah mewakil daerah lainnya. Ini sebagai komitmen Koni Tator untuk lolos ke Porda 2014 mendatang.
 
“Kalau ada cabor gagal di pra porda tidak bisa ikut porda. Kami berkomitmen semua cabor yang ikut seleksi pra porda bisa melangkah ke Porda di Bantaeng,“ katanya.
 
Mantan bupati Tator dua periode itu mengatakan, Koni Tator juga menargetkan prestasi yang akan diraih atlet Tator di Porda XV di Bantaeng bisa meningkat dari prestasi yang diraih pada Porda XIV di Pangkep lalu. Di Porda XIV, Tator berada pada peringkat delapan dengan memperoleh 14 medali emas. Paling tidak, bisa mempertahankan apa yang sudah diraih pada Porda XIV lalu.
 
Namun begitu, atlet yang mewakili Tator tidak bisa berbuat banyak jika tidak didukung dengan bantuan anggaran dari pemkab setempat. Untuk itu dia berharap, pemkab Tator memberikan perhatian lebih bagi para atlet yang akan bertanding di praporda dan porda mendatang. Pasalnya, para atlet juga membawa nama baik daerah Tator
 
“Mudah-mudahan, pemkab mau mengucurkan anggaran untuk persiapan kontingen Tator pada ajang pra porda dan porda. Prestasi yang diraih atlet Tator membawa nama harum daerah ini,” katanya.
(Joni Lembang/Koran SI/hmr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar