Minggu, 27 Mei 2012

Peserta Indonesia Mulai Terbaik Sajikan 10 Karya "Ciamik"


merdeka.com

KOMPAS.com - Kompetisi Indonesia Mulai atau IMulai 4.0 yang digelar tahun 2012 ini telah menyaring 10 peserta terbaik. Para peserta terbaik ini menyajikan berbagai ide dan layanan yang "ciamik", mulai layanan untuk pelajar hingga keperluan jalan-jalan.

Beberapa nama startup baru berhasil masuk ke daftar pemenang. Dari 10 terbaik, ada sebagian layanan yang sudah dapat diakses oleh pengguna sementara sebagian lainnya masih berupa purwarupa yang sedang dikembangkan.

Beberapa layanan yang ditawarkan merupakan jenis baru yang belum pernah muncul sebelumnya.

Kompetisi inovasi bisnis berbasis TI yang dimotori oleh lembaga USAID dan Microsoft ini bertujuan membantu perkembangan dan meningkatkan daya saing pengembang software lokal di Indonesa lewat dukungan materi dan akses terhadap teknologi Microsoft.

Kompetisi yang telah memasuki tahun penyelenggaraan keempat ini kembali menarik partisipan dalam jumlah besar. Sebanyak 283 proposal dikirimkan dari 55 kota di seluruh Indonesia, yang 51  di antaranya datang dari peserta wanita sementara 41 yang diterima datang dari luar Jawa.

Dari  jumlah tersebut, dipilih 10 peserta terbaik yang mendapatkan beragam hadiah senilai 300 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 2,7 milyar rupiah.

Hadiah yang diterima para pemenang tersebut berupa bagian dari program BizSpark Microsoft untuk perusahaan startup Teknologi Informasi (TI), dukungan perangkat keras, juga kesempatan mengikuti  pelatihan khusus untuk pengembangan bisnis.

Berikut ini daftar lengkap sepuluh pemenang kompetisi iMulai 4.0 yang diumumkan pada 24 Mei 2012 lalu:

1. Aplikasi gtPerijinan dari Gamatechno, software house asal Yogyakarta. Layanan ini merupakan aplikasi yang ditawarkan kepada pemerintah untuk memberikan pelayanan perizinan publik dan sudah dirilis.

2. Digital Book Distribution Platform dari PT TechBator. Ini adalah platform penerbitan dan distribusi buku-buku digital yang menjawab tantangan dari pasar negara berkembang seperti Indonesia dan negara berkembang lainnya.

3. Fokado oleh PT Aksi Visitama. Layanan ini merupakan situs e-commerce khusus untuk kado dalam bentuk pengalaman yang bisa diberikan untuk orang lain.

4. Ngajar.com, platform untuk aktivitas belajar mengajar online dari CV. Javan IT Services yang masih dalam bentuk purwarupa.

5. SaveMillions karya PT Konsep Dot Net dari Bandung. Merupakan aplikasi mobile yang menyediakan informasi mengenai tempat-tempat yang membutuhkan bantuan seperti lokasi bencana alam. Rencananya, pengguna akan bisa memakai aplikasi ini untuk memberikan donasi dan mengevaluasi laporannya.
       
6. TripTerus, purwarupa platform online untuk penyuka traveling dari PT Jalan Terus Indonesia. Sesuai namanya, aplikasi ini bakal memungkinkan pengguna untuk mengorganisasi kegiatan jalan-jalan dan mencari daerah tujuan serta kegiatan yang diinginkan. Pada acara pengumuman pemenang, TripTerus cukup banyak menarik perhatian.

7. TryOut Mandiri buatan PT. Alfasoft dari Malang, merupakan software yang memungkinakan murid sekolah mengevaluasi sendiri hasil belakar mereka di sekolah sesuai tingkat pendidikan dan kurikulum. Saat ini TryOut Mandiri masih berupa purwarupa.

8. Tutor.co.id. Situs hasil kreasi PT DheZign Online Solution ini menyediakan jasa pencarian tutor atau guru pengajar pribadi.

9. U-Antri buatan M. Ali Fauzi dari Institut Teknologi Sepuluh November yang merupakan sistem monitoring online untuk pasien rumah sakit yang memungkinkan penggunaanya memonitor antrian dokter dalam waktu sesungguhnya (real time) dari mana saja  dan kapan saja.

10. Yipiyu Real reward network platform oleh Aris Suryadi adalah media iklan baru untuk brand/pengiklan yang mengubungkan brand/pengiklan dengan pemain game dan developer game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar